7 Analisis Iklan Yang Harus Kamu Ketahui
DO**
Produk ini merupakan salah satu
produk perusahaan U yang memiliki berbagai macam jenis produk salah satunya
adalah produk deodorant yang
bertujuan untuk kulit ketiak lebih cerah dan mulus. Dilihat dari iklan, produk ini
diperuntukan untuk wanita. Karena produk ini diperankan oleh wanita yang
menginginkan kulit ketiak yang lebih cerah dan mulus. Berikut ini merupakan
kalimat iklan dalam produk ini :
“Apakah deodorant whitening mu benar benar mengurangi noda gelap pada ketiak? Produk lain berjanji menyamarkan noda gelap tapi tidak menyelesaikan masalahnya. Do** ultimate white baru berbeda dengan ¼ mousiturizing cream & vitamin B3 Do** membantu regenerasi kulit dari dalam. Memberikanmu kulit ketiak lebih cerah dan mulus. Do** ultimate white baru untuk kulit ketiak lebih cerah dan mulus.”
Dalam kalimat ini dapat
dijelaskan bahwa iklan produk ini memiliki berberapa kelebihan dan kekurangan,
yaitu:
Kelebihan
·
Penggunaan kata lebih menunjukkan bahwa produk ini memang terbukti membuat kulit
ketiak lebih cerah dan mulus.
·
Penggunaan kalimat produk lain berjanji
menyamarkan noda gelap tapi tidak menyelesaikan masalahnya menunjukkan
bahwa produk ini berjanji menyamarkan noda gelap dan menyelesaikan masalahnya
Kekurangan
Penggunaan kata baru menunjukkan bahwa produk
sebelumnya tidak memiliki kandungan yang sebagus produk sekarang.
PEP******
Siapa yang tidak kenal produk
ini? Ya. Produk ini merupakan pelopor pasta gigi di Indonesia. Hampir setiap
orang di Indonesia menyebutkan produk ini ketika membeli pasta gigi walaupun
mereka tidak membeli produk ini. Dengan slogannya sikat gigi 2 kali sehari, produk ini membantu para orang tua untuk
mendidik anaknya supaya rajin sikat gigi. Selain itu, produk ini juga
memberikan perhatian lebih kepada konsumen yang memiliki gigi sensitif. Berikut
ini merupakan kalimat iklan dalam produk ini :
“Enggak deh gigiku sensitif. Sudah pakai pasta gigiku sih tapi khawatir ngilunya datang lagi. Coba yang baru yuk. Pep****** Sensitive Expert Serum. Gigi ini akan memerah jika kena dingin. Setelah disikat oleskan setetes ke gigi sensitifmu. Serum ini akan tetap melapisi gigimu untuk melindunginya berjam-jam. Coba deh, nanti malam kita ketemu. Gimana? Wah gak ngilu. Pep****** Sensitive Expert Serum.”
Selain itu, diiklannya juga
ditulis bahwa produk ini merupakan merek no. 1 yang dipercaya ahli perawatan
gigi.
Dalam kalimat ini dapat
dijelaskan bahwa iklan produk ini memiliki berberapa kelebihan dan kekurangan,
yaitu:
Kelebihan
·
Produk ini menggunakan bahasa sehari-hari, tidak
baku. Mungkin bertujuan untuk dimengerti semua kalangan baik kalangan bawah
maupun atas.
·
Penggunaan kalimat wah gak ngilu menunjukkan bahwa produk ini terbukti ampuh untuk
gigi sensitif.
Kekurangan
·
Penggunaan kalimat merek no. 1 yang dipercaya ahli perawatan gigi menunjukkan bahwa
tidak semua ahli perawatan gigi percaya dan merekomendasikan produk ini.
·
Penggunaan frasa berjam-jam menunjukkan bahwa produk ini tidak diketahui pasti dalam
melindungi gigi sensitif.
SAM****
GA**** J PR*
Produk dari korea ini merupakan
salah satu produk yang hampir dipakai setiap orang didunia. Produk ini bisa
dikatakan sebagai pelopor smartphone
berbasis andorid. Berikut ini merupakan kalimat iklan dalam produk ini :
“Masih banget selfie kek gini. Sekarang jamannya live vloging. Share video kesaharianmu secara live ke sosial media. Butuh smartphone yang bisa rekam video full HD, punya sinyal optimal dan yang bikin hemat kuota. Smartphone serba bisa emang ada? Semua ada di Sam**** Ga**** J Pr*. Sam**** Ga**** J Pr* more than selfie.”
Dalam kalimat ini dapat
dijelaskan bahwa iklan produk ini memiliki berberapa kelebihan dan kekurangan,
yaitu:
Kelebihan
Penggunaan kalimat more
than selfie menunjukkan bahwa produk ini mempunyai nilai lebih
dibandingkan dengan produk lain yang hanya mengandalkan selfie aja.
Kekurangan
·
Produk ini menggunakan bahasa tidak baku, dan
kurang bisa dimengerti untuk kalangan orang tua.
·
Penggunaan kata kek kurang pantas untuk suatu iklan produk internasional.
PAD*** PO*
Produk ini merupakan saha satu
unit usaha perusahaan U. Produk ini merupakan es krim yang ditunjukkan untuk
anak-anak. Berikut ini merupakan kalimat iklan dalam produk ini :
“Liat ada Pad*** Po* happy fruit baru. Ayo kita kejar mobil itu. Baru Pad*** Po* happy fruit. Es krim enak yang dibuat dengan buah mangga dan strawberry yang menyegarkan. Pad*** Po* happy fruit hanya Rp 2.000.”
Dalam kalimat ini dapat
dijelaskan bahwa iklan produk ini memiliki berberapa kelebihan dan kekurangan,
yaitu:
Kelebihan
·
Kalimatnya mudah dipahami oleh anak kecil.
·
Penggunaan kata Rp 2.000 menunjukkan bahwa es krim ini memang murah dan bisa dibeli
dengan uang saku anak pelajar.
Kekurangan
Penggunaan kata hanya menunjukkan bahwa es krim ini
murah. Nyatanya jika kita beli di minimarket, es krim ini tidak dijual dengan
Rp.2000 saja tetapi dikenakan pajak.
WR*
Dilihat dari iklan, produk ini
diperuntukan untuk wanita. Karena produk ini diperankan oleh wanita yang
menginginkan tubuh langsing. Berikut ini merupakan kalimat iklan dalam produk
ini :
“Mba WR*nya sukses? Aku pernah coba tapi gagal. Banyak yang gak perhatiin ini sebagai pengganti makan. Benar caranya nyata hasilnya. Ganti sarapanmu dengan WR*. Sebelum makan siang minum diet tea. Selingan sore dengan WR* cookies dan ganti makan malammu dengan WR*. Misi-misi. Aduh. WR*nya suskes. Benar caranya nyata hasilnya. Sure you can do.”
Dalam kalimat ini dapat
dijelaskan bahwa iklan produk ini memiliki berberapa kelebihan dan kekurangan,
yaitu:
Kelebihan
Penggunaan kalimat benar caranya nyata hasilnya
menunjukkan bahwa produk ini akan berhasil jika dilakukan dengan cara yang
benar.
Kekurangan
Penggunaan kata gagal menunjukkan bahwa produk ini bisa
gagal jika tidak dilakukan dengan cara yang bener.
TOKO*****
Toko***** merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Meraka
turut membantu para penjual menengah kebawah. Berikut ini merupakan kalimat
iklan dalam produk ini :
“Semua dimulai dari Toko*****. Katanya semua aku mau terkenal di sosmed gak bisa. Gak semua yang lo cari cara dapetinnya cuma 1 kali. Buat lo berdua dandan aja dulu. Beli make up. Beli kamera. Beli tiket kereta. Yeay follow yaa. Kok masih belum ada yang like ya. Beli follow. Gimana sih. Beli paket data. Berjuang untuk semua yang kamu inginkan dimulai dari Toko*****. Semuanya.”
Dalam kalimat ini dapat
dijelaskan bahwa iklan jasa ini memiliki berberapa kelebihan dan kekurangan,
yaitu:
Kelebihan
Penggunaan kata dimulai menunjukkan bahwa semua dapat
dimulai dari Toko*****.
Kekurangan
Penggunaan kata semua menunjukkan bahwa segala macam
produk dijual di e-commerce ini. Nyatanya
tidak semua produk dijual di sini.
IN*
WAK***** KI** N**
Perusahaan TV swasta ini
merupakan televisi kekinian yang menginspirasi, tidak bergimik seperti yang
lain dan mempunyai ikaln layanan sosial seperti ini:
“Video ini berdurasi 60 detik. Pikirkian. Berapa jam yang anda habiskan perhari pada smartphone Anda? Lebih dari 5 jam? 5 jam sama dengan 300 menit atau 18.000 detik sama dengan menonton video ini sebanyak 300 kali. Berapa ratus selfie yang telah Anda ambil? Berapa ribu meme yang telah Anda share dari grup sebelah? Wkwkwk. Sudahkan menonton wajah-wajah dengan stiker binatang lucu hari ini atau berbagai tempat wisata terpopuler. Ups hampir semenit scroll scroll like scroll. Suatu hari ingin buka restoran seperti Rini difoto ini like scroll dan ingin sekolah lagi seperti Toni like comment, congrats Toni so proud of you. Scroll. Ingin buka online shop tapi tabungan buat liburan dulu saja. Wujudkan mimipi bisa kapan-kapan. Kapan-kapan bisa jadi takkan pernah terjadi. Sekarang waktunya kita berhenti buang-buang waktu. Ini bukan hanya waktunya Tini, Tono, Rini, Michele, John. Ini waktunya kita mengisi waktu dengan hal positif.”
Dalam kalimat tersebut dapat
dijelaskan bahwa iklan layanan sosial ini memiliki berberapa kelebihan, yaitu:
Kelebihan
·
Menggunakan kata yang menarik dan mudah dipahami
oleh para remaja yang sangat addcit
terhadap smartphone
·
Menggunakan bahasa sehari-hari tapi bisa
diterima dikalangan orang tua.
Comments
Post a Comment